Cari Blog Ini

Selasa, 10 Januari 2012

Pengendalian & Audit SI


Metodologi / Tahapan Audit

Keterangan :
1.         Studi literatur
Mencari bahan materi yang berkaitan dengan topik yang diambil, dan melakukananalisa dan perbandingan terhadap teori yang didapat.
2.         Menetapkan domain dan proses SI
Yaitu menetapkan domain / fokus bahasan yang ada dalam COBIT yaitu pada domain monitor and evaluate (ME)
3.         Analisa system
Analisa sistem dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan bagia yang terkait dengan sistem yang sedang dianalisa, misalnya ketua, BAAK, dosen, staf  IT dan staf penjamin mutu.
4.         Membuat kuesioner
Pembuatan kuesioner ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta dan opini lebih cepat dan menyeluruh terhadap responden dari domain Monitor and Evaluate (ME) ntuk tiap proses yang terkait.
5.         Penyebaran Kuesioner
Tahap dimana melakukan penyebaran kuesioner ke responden
6.         Evaluasi Kuesioner
Melakuan evaluasi dengan melihat secara umum jawaban yang diberikan responden
7.         Perhitungan & analisa kuesioner
Melakukan perhitungan dengan teknik pengukuran deskriptif dan memberikan analisa kuesioner pada domain Monitor and Evaluate (ME)
8.     Membuat model pengukuran kerja
a.     Menetapkan tujuan/sasaran pengendalian institusi
Mengidentifikasi dan menetapkan tujuan insstitusi terkait  dengan domain yang dikaji yaitu pada domain ME.   Dari penetapan tujuan ini akan di turunkan ke model CSF,   KGI dan KPI.
b.      Menetapkan CSF
Yaitu dengan menentukan faktor-faktor kritis apa saja yang dapat mendukung kesuksesan institusi, dalam mencapai tujuan / sasaran pengendalian SI yang jika tidak dilakukan akan menghambat keberhasilan dari institusi tersebut dimana faktor-faktor tersebut akan dapat diukur dengan KGI.
c.       Menetapkan KPI
Yaitu dengan menentukan indikator apakah  proses yang sedang dilakukan telah berjalan dengan baik, terjadi penyimpangan atau sesuai dengan yang ditetapkan sehingga dapat mencapai tujuan yang ditetapkan oleh institusi.
d.      Menetapkan KGI
Menentukan indikator keberhasilan / goal yang dicapai dengan melihat criteria seperti adanya ketersediaan informasi yang dapat mendukung proses bisnis, integritas, efisiensi dan efektifitas biaya proses dan operasi, kerahasiaan data dan kehandalan informasi.
9.   Memetakan posisi
Memetakan hasil dari perhitungan kuesioner ke dalam tingkatan model maturity dari tiap ME yang terkait. Pemetaan proses tersebut dibuat dengan ranking / pengurutan dalam skala 0-5.
10.   Pengecekan bukti
         Melakukan pengecekan dengan membandingkan hasil kuesioner dan dokumen pendukung.
11.   Membuat analisa dan rekomendasi
Analisa atau rekomendasi yang dibuat berdasarkan hasil pemetaan dalam level maturity dan hasil observasi data yang diperoleh Tujuan rekomendasi adalah mambantu memberikan saran kepada manajemen untuk memperbbaiki dan menambahkan hal - hal yang harus diperbaiki berdasarkan hasil data yang diperoleh.
12.   Membuat laporan pengukuran kinerja
Yang terakhir dalam proses pengukuran kinerja ini adalah membuat dan mendokumentasikan laporan pengukuran kinerja.
    
    Berdasarkan hasil perhitungan secara umum menempati level 3, artinya institusi sudah memiliki prosedur pengelolaan, sudah dikomunikasikan dan didokumentasikan kepada tiap elemen yang ada di institusi, namun dalam implementasinya masih sangat tergantung pada sumber daya manusia yang ada, mau melakukan prosedur tersebut atau tidak, sehingga prosedur yang ada masih sebatas pada formalisasi dari implementasi yang ada, sehingga manajemen perlu meningkatkan terutama dalam hal monitoring dan evaluasi.

1 komentar:

  1. Mau Duduk Santai , MAin Game Dapet Duit?modal sedikit bisa menang hingga jutaan rupiah loh
    Yuk gabung di BOLAPELANGI. banyak bonus nya
    Bonus Cashback Sportbook Mingguan
    Bonus Cashback Slot Mingguan Hingga
    Bonus Rollingan Casino
    Bonus Refferal
    DAN TERSEDIA SLOT YANG GAMPANG MENANG JUGA LOH,
    Dicoba Hoki Nya Di BOLAPELANGI
    WITHDRAW Berapapun Dibayar, Minimal Deposit Hanya 50RB
    Minimal WD 50rb yuk gabung sekarang juga,
    yang ingin gabung bisa chat WA : +6282143134681
    Atau Bisa ke Link Nya langsung : WWW.ATMPELANGI.NET

    BalasHapus