- Berikan titik Kelemahan dari Kode Etik Profesi
- Jelaskan beserta contohnya perbedaan antara
profesional dengan pekerja biasa (occupation).
- Coba jelaskan tugas utama dan tanggung jawab dari
pekerjaan :
- Sistem Analis
- Project Manager
- Programmer
- Staff EDP
- Instruktur IT
- Jelaskan istilah
·
Lamer
·
Cramer
·
Denial Of Service Attack
·
Copy
Right
·
Trademark
·
Defamation
·
Hate Speech
·
VoIP
·
ADSL
·
Teknik
Informatika
- Berikan beberapa factor utama
meningkatnya pelanggaran kode etik profesi IT
- Jelaskan beserta contohnya Etika Berkomunikasi pada
IT.
JAWABAN
1.
Titik kelemahan dari kode etik profesi :
a.
Idealisme terkandung dalam kode etik profesi tidak
sejalan dengan fakta yang terjadi di sekitar para profesional, sehingga harapan
sangat jauh dari kenyataan. Hal ini cukup menggelitik para profesional untuk
berpaling kepada kenyataan dan mengabaikan idealisme kode etik profesi. Kode
etik profesi tidak lebih dari pajangan tulisan berbingkai.
b.
Kode etik profesi merupakan himpunan norma moral
yang tidak dilengkapi dengan sanksi keras karena keberlakuannya semata-mata
berdasarkan kesadaran profesional. Rupanya kekurangan ini memberi peluang
kepada profesional yang lemah iman untuk berbuat menyimpang dari kode etik
profesinya.
2.
Perbedaan antara profesional
dengan pekerja biasa (occupation):
Occupation:
·
Merupakan suatu kegiatan yang tidak bergantung pada
suatu keahlian tertentu. Jadi setiap orang dimungkinkan memiliki pekerjaan
namun tidak semuanya tertumpu pada satu profesi. Pekerjaan dalam arti luas
adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah
pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi
seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering dianggap sinonim
dengan profesi padahal tidak.
·
Ciri-ciri pekerjaan :Dalam melakukan pekerjaan
tidak mengandalkan keahlian dan pengetahuan khusus, pekerjaan yangdilakukan
hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memiliki status yang
rendah dimasyarakat dan hanya bisa menghasilkan sedikit uang.
·
Contoh : Operator, penjaga warnet, tukang ketik di
rental, Teknisi Komputer, dll.
Profesional:
·
Profesional adalah orang yang sangat ahli dalam
suatu bidang tertentu.
·
Ciri-ciri pekerjaan yang professional : Orang yang
Profesional biasanya menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan
dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Profesionalisasi biasanya
didapatkan melalui proses atau perjalanan waktu yang sangat lama dan membuat
seseorang menjadi profesional. Dengan demikian seorang profesional jelas harus
memiliki profesi tertentu yang diperoleh melalui sebuah proses pendidikan
maupun pelatihan yang khusus, dan disamping itu pula ada unsur semangat
pengabdian (panggilan profesi) di dalam melaksanakan suatu kegiatan kerja. Hal
ini perlu ditekankan benar untuk membedakannya dengan kerja biasa (occupation)
yang semata bertujuan untuk mencari nafkah dan atau kekayaan materiil-duniawi
walaupun akan mendapat gaji yang tinggi sebagai upah kerja dan jasanya.
·
Contoh : IT manager, IT consultant, Sistem analyst,
consultant ERP (Enterprise Resource Planning).
Dari penjelasan
di atas dapat disimpulkan bahwa pekerjaan dan professional dapat dibedakan
berdasarkan :
1. Mengandalkan
suatu keterampilan atau keahlian khusus.
2. Dilaksanakan
sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).
3. Dilaksanakan
sebagai sumber utama nafkah hidup.
4. Dilaksanakan
dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.
3. Tugas utama dan tanggung jawab
dari pekerjaan :
- Sistem
Analis
Orang yang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan,
mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai
studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
- Project
Manager
Orang yang bertugas melakukan manajemen terhadap
proyek-proyek berbasis sistem informasi.
- Programmer
Orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system
analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai
system yang dianalisa sebelumnya.
- Staff
EDP
Orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang
berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah
perusahaan atau organisasi lainnya.
- Instruktur
IT
Orang yang bertugas melakukan bimbingan, pendidikan dan
pengarahan terhadap anak didik maupun pekerja level di bawahnya.
4. Istilah
a)
Lamer
Yang dimaksud dengan Lamer adalah orang yang
tanpa pengalaman & pengetahuan namun ingin menjadi hacker. Mereka biasanya
berkeinginan jadi hacker dari apa yang mereka dengar atau baca tentang hacker.
Penggunaan komputer mereka terutama untuk
bermain game, IRC, tukar menukar software ilegal, pencurian kartu kredit dan
lain sebagainya. Biasanya mereka melakukan hacking dengan software
trojan, nuke dan DoS. Lamer sering menyombongkan diri melalui IRC Channel
dan sejenisnya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite dalam
perkembangannya mereka hanya akan sampai pada level ‘Developed Kiddie’, atau
‘Script Kiddie’ saja.
b)
Cramer
c)
Denial Of Service Attack
Suatu usaha untuk membuat
suatu sumber daya komputer yang ada tidak bisa digunakan oleh para pemakai.
d)
Copy Right
Hak Cipta berasal dari bahasa Inggris copyright
yang dalam terjemahannya (to) copy berarti
menggandakan dan right berarti hak. Dengan demikian secara bahasa,
copyright pada prinsipnya adalah hak untuk menggandakan atau
menyebarluaskan suatu hasil karya. Istilah copyright
diartikan kedalam bahasa Indonesia (secara tidak cermat) sebagai hak cipta. Hak cipta merupakan
salah satu jenis perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang
disediakan untuk melindungi karya pengetahuan, seni dan sastra.
e)
Trademark
Trademark berkaitan dengan frase, kosakata,
symbol, hingga suara yang mengidentifikasi dan membedakan satu produk dan jasa
dari yang lainnya. Trademark juga bisa berupa logo atau slogan apapun yang
ingin Anda lindungi.
f)
Defamation
Defamation adalah sebuah pernyataan yang
tidak benar mengenai seorang individu, yang dapat merusak reputasinya.
g)
Hate Speech
Hate speech adalah ”syiar kebencian” yang
bisa merampas hak asasi dan kebebasan pihak lain. Namun di sini lain,
"hate speech" juga berlindung di balik kebebasan berbicara dan
berpendapat.
h)
VoIP
VoIP merupakan teknologi
kompunikasi telepon melalui jaringan internet. Penyelengara Internet dapat
menggunakan satu jaringan baik dalam menyalurkan data, multimedia dan suara
(VoIP).
i)
ADSL
ADSL adalah kependekan dari Asymmetric
Digital Subscriber Line, sebuah teknologi yang memungkinan data kecepatan
tinggi dikirim melalui kabel telepon. ADSL memungkinkan untuk menerima data
sampai kecepatan 1.5-9Mbps (kecepatan downstream) dan mengirim data pada
kecepatan 16-640Kbps (kecepatan upstream).
ADSL membagi frekuensi dari sambungan yang
digunakan dengan asumsi sebagian besar pengguna Internet akan lebih banyak
mengambil (download) data dari Internet daripada mengirim (upload) ke Internet.
Oleh karena itu, kecepatan data dari Internet biasa sekitar tiga sampai empat
kali kecepatan ke Internet. Karena kecepatan upstream dan downstream tidak sama
digunakan istilah Asymmetric.
j)
Teknik Informatika
Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang
mempelajari tentang unsur-unsur sistem pada informatika dan pengetahuan tentang
sistem.
5.
Beberapa faktor utama
meningkatnya pelanggaran kode etik profesi IT :
o
Belum
terbentuknya kultur dan kesadaran dari para pengemban profesi IT untuk menjaga
martabat leluhur profesinya.
o
Makin
merebaknya penggunaan internet, jaringan luas yang disewakan kepada spammer,
froudster, dan penyabot digital.
o
Tidak berjalannya control dan pengawasan dari
masyarakat.
o
Belum
adanya penegakan cyber law.
6.
Etika Berkomunikasi pada IT:
Etika dalam berkomukinasi saat ini mulai tidak
diperhatikan khususnya di kalangan remaja. Saat ini malah sebaliknya, para
remaja metropolitan setiap hari mengupdate statussnya dengan kata-kata yang
kurang layak untuk disebarkan di dunia maya ini, seperti saling mengejek dan
memfitnah. Tindakan tersebut bisa menimbulkan suasana yang tidak baik di kedua
pihak. Maka dari itu kita harus memperhatikan etika berkomunikasi dalam dunia
maya, berikut adalah cara-cara berkomunikasi yang baik dalam dunia maya :
1.) Berkomunikasi dengan sopan dengan tidak
menyinggung seseorang.
2.) Untuk hal-hal yang bersifat pribadi sebaiknya
lewat message yang tidak terlalu publish.
3.) Hindari sesuatu yang menghina SARA.
4.) Berhati-hati dengan pesan yang bersifat
penipuan/ fitnah.
5.) Gunakan IT dengan baik yang bersifat posifit,
hindari situs-situs yang tidak baik.
terimakasih saya bisa jawab uts dengan artikel ini hhheeeee
BalasHapusSaya juga padahal sudah tahun 2022 wkwkwkwkw
HapusMau Duduk Santai , MAin Game Dapet Duit?modal sedikit bisa menang hingga jutaan rupiah loh
BalasHapusYuk gabung di BOLAPELANGI. banyak bonus nya
Bonus Cashback Sportbook Mingguan
Bonus Cashback Slot Mingguan Hingga
Bonus Rollingan Casino
Bonus Refferal
DAN TERSEDIA SLOT YANG GAMPANG MENANG JUGA LOH,
Dicoba Hoki Nya Di BOLAPELANGI
WITHDRAW Berapapun Dibayar, Minimal Deposit Hanya 50RB
Minimal WD 50rb yuk gabung sekarang juga,
yang ingin gabung bisa chat WA : +6282143134681
Atau Bisa ke Link Nya langsung : WWW.ATMPELANGI.NET